YESUS
dan
Muhammad
Perbedaan Mendasar dan Kesamaan Mengejutkan

PENGANTAR

Tidak perlu dipertanyakan lagi, Yesus Kristus dan Muhammad adalah dua orang paling berpengaruh yang pernah hidup. Kita dapat melihat pengaruh mereka pada saat ini melalui dua agama terbesar di dunia, Kekristenan dengan lebih dari 2 milyar pengikutnya dan Islam dengan 1,3 milyar.

Perbedaan sangat nyata yang terlihat di antara dua kelompok ini, bahwa kebanyakan umat Kristen sedikit sekali memahami apa yang Muhammad lakukan dan ajarkan.
Sebaliknya, pada umat Islam, mereka meyakini bahwa memahami siapa itu Yesus dan apa yang Yesus ajarkan, tapi keyakinan mereka itu bertentangan dengan ajaran Perjanjian Baru.

Pertanyaannya adalah, “Bagaimanakah kita dapat melihat gambar yang benar mengenai kedua orang ini pada saat yang bersamaan?”

Pertama-tama, kita haruslah mengenali sebuah prinsip penting, yaitu kita harus memisahkan antara pemimpin dan pengikutnya.
Kita tidak dapat melihat kepada umat Kristen untuk mempelajari apa yang Yesus ajarkan ataupun melihat kepada umat Islam untuk mengetahui apa yang diajarkan oleh Muhammad.

Hati kita tidak perlu terpusat kepada perilaku orang-orang yang menyebut dirinya Muslim atau Kristen. Tidak peduli berapa banyak teroris yang menyebut diri Muslim dan berapa banyak anggota Nazi dan mereka yang ikut dalam Perang Salib, menyebut dirinya Kristen.
Namun, kita harus melihatnya langsung kepada ajaran dan tindakan Yesus dan Muhammad, sebagaimana tercatat di dalam sumber-sumber yang dapat dipercaya.

Timbul perbedaan besar antara melihat dari sumber diri anda sendiri dan mempercayai orang lain untuk memberitahukan hal apa yang dikatakan oleh sumber-sumber yang mereka miliki.
Saya percaya, inilah sebabnya mengapa umat Islam tidak mengetahui dengan baik tentang Yesus dan umat Kristen sukar sekali memahami Muhammad.

Tujuan saya dengan buku ini, untuk memberikan tuntunan kepada anda, membawa anda kepada sumber-sumber yang sebenarnya, agar anda dapat memahami kedua orang ini untuk diri anda sendiri.

Anda tentu bertanya, “Apa yang membuat anda layak melakukan perihal itu?” Jawabannya, karena saya telah bertemu dengan kedua orang ini.
Meski sekarang saya memiliki nama Kristen, tetapi saya dilahirkan dengan nama Islam. Meskipun saya memiliki Ph.D untuk pendidikan Kristen, saya juga memiliki Ph.D untuk sejarah dan budaya Islam dari Universitas Al-Azhar, di Kairo. Meskipun buku ini ditulis dalam bahasa Inggris (aslinya), bahasa asli saya adalah bahasa Arab. Saya telah berjalan dalam dua dunia tersebut.

Di negara-negara Barat, anda memiliki banyak orang yang tahu betul tentang kehidupan Yesus. Di negara-negara Islam anda dapat menemukan banyak dari umat Islam yang ahli tentang kehidupan Muhammad.
Tetapi sulit menemukan seseorang yang dapat berbicara kepada negara-negara Barat tentang Muhammad dari sumber sebenarnya. Itulah sebabnya saya pikir, saya memiliki sesuatu yang khusus untuk ditawarkan.

Mengenai referensi sumber informasi, saya sangat menyarankan anda membaca Appendix A dari buku ini, yang memberikan sumber yang saya gunakan sebagai informasi mengenai Muhammad dan Yesus.
Jika anda berasal dari negara Barat, sangatlah tidak mungkin bagi anda memahami kutipan-kutipan dari sumber-sumber Keislaman tanpa membaca Appendix A.

Selebihnya dari buku ini secara logis tersusun sistematis untuk menuntun anda memahami topik-topik di bawah ini:

  • Pada bagian 1, saya akan menampilkan latar belakang saya kepada anda dan bagaimana saya dapat melihat kehidupan Yesus dan juga Muhammad, secara berdampingan.

    Saat menulis atau berceramah, saya jarang sekali menyebut pendidikan saya secara terinci, tetapi saya melakukannya di dalam buku ini oleh karena anda perlu mengetahui bahwa informasi mengenai Muhammad yang saya sajikan, saya dapatkan melalui sumber yang terpercaya.

    Jika anda tidak tertarik membaca kisah hidup saya, silahkan melewatinya dan langsung masuk ke bagian 2.

  • Pada bagian 2, anda akan membaca tentang hal apa saja yang Yesus dan Muhammad lakukan dalam hidup mereka. Di sini anda akan menemukan beberapa kemiripan, seperti misalnya kenyataan bahwa kedua orang ini telah dinubuatkan sejak masih kecil, keduanyapun memiliki sepupu yang memperkenalkan mereka kepada masyarakat luas, keduanya pun ditolak di negeri kelahiran mereka dan keduanya juga dibantu oleh dua belas orang murid.

    Bagian ini menceritakan perjalanan hidup Yesus dan Muhammad secara berdampingan, dari kelahiran sampai pada kematiannya.

  • Bagian 3 difokuskan pada warisan yang telah mereka tinggalkan melalui pengajaran dan teladan hidup mereka. Perbedaan yang menyolok mulai tampak. Pertama, anda akan melihat siapa mereka masing-masing dan apa pesannya kepada dunia.

    Kemudian dilanjutkan melihat yang dikatakan oleh Muhammad tentang Yesus, dan apa yang mungkin dikatakan Yesus tentang Muhammad.

    Kemudian kita melihat kegiatan-kegiatan yang mendominasi kehidupan mereka – seperti Yesus misalnya, melakukan berbagai penyembuhan dan berbagai mujizat; dan Muhammad melakukan perang suci.

    Pada bab empat belas, lima belas dan enam belas, membandingkan ajaran mereka tentang cinta, doa dan perempuan.

    Pada bagian ini, diakhiri dengan dua bab yang difokuskan kepada kutipan yang menunjukkan (1) perbandingan tentang bagaimana Yesus dan Muhammad bereaksi pada empat situasi besar yang hampir mirip, (2) ajaran-ajaran mereka mengenai delapan subyek utama yakni dengan membandingkan ayat demi ayat.

  • Pada bagian 4, saya akan memberikan sebuah ringkasan dari fakta penting mengenai Yesus dan Muhammad serta menggambarkan apa yang terjadi kepada saya secara pribadi, setelah saya melihat Yesus dan Muhammad secara berdampingan.

    Jikalau anda membaca buku ini di negara bebas, anda adalah orang yang memiliki hak istimewa, oleh karena anda memiliki hak untuk bebas mengembangkan gagasan seperti yang anda inginkan.

    Kebanyakan dari mereka yang tinggal di negara-negara Islam tak akan pernah mengetahui informasi yang ada di dalam buku ini. Pemimpin-pemimpin mereka akan menjauhkan buku ini dari diri mereka. Namun demikian, baik itu Alkitab maupun Al Quran telah menyatakan bahwa kebenaran akan terbukti dengan sendirinya (Kisah Para Rasul 5:33-40; Surat 2:256).

    Oleh karena itu, ijinkan kami menunjukkan fakta-fakta tentang Yesus dan Muhammad.

Penulis
MARK A. GABRIEL, Ph.D
Mantan Guru Besar Sejarah Islam di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir



DAFTAR ISI

Pengantar
BAGIAN 1.
LATAR BELAKANG SAYA
1.
2.
3.
BAGIAN 2.
KEHIDUPAN YESUS DAN MUHAMMAD
4.
5.
6.
7.
8.
9.
BAGIAN 3.
WARISAN MEREKA DALAM PERKATAAN DAN PERBUATAN
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
BAGIAN 4.
Kesimpulan
19.
20.
Epilog:


__●●●__
Posted by Lilin.
Jakarta, January 2014.

Tidak ada komentar: